Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap | Bagaimanakah cara mengetahui keberadaan angin untuk menerbangkan layang-layang?

Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap | Bagaimanakah cara mengetahui keberadaan angin untuk menerbangkan layang-layang?

 Bagaimanakah cara mengetahui keberadaan angin untuk menerbangkan layang-layang?

Jawab: Keberadaan angin dapat dilihat dengan mengamati daun-daun pada pohon yang bergerak-gerak. Jika daun bergerak-gerak, maka untuk menerbangkan layang-layang dapat dilakukan dengan mudah.

  1. Mengapa menerbangkan layang-layang sebaiknya dilakukan di tanah lapang atau terbuka?

    Jawab: Menerbangkan layang-layang di tanah lapang atau terbuka lebih mudah dilakukan daripada di lokasi banyak pohon. Layang-layang yang diterbangkan di lokasi banyak pohon akan berisiko tersangkut pada pohon.

  2. Bagaimanakah posisi badan layang-layang saat akan diterbangkan?

    Jawab: Posisi badan layang-layang harus membelakangi arah angin sehingga layang-layang dapat mudah terangkat melayang naik ke udara.

  3. Terangkan jenis benang yang dapat digunakan untuk bermain layang-layang yang dilakukan

    sekedar hobi?

    Jawab: Menggunakan benang biasa atau benang bola atau tangsi.

  4. Jelaskan kondisi diagonal-diagonal yang dimiliki oleh bangun layang-layang!

Jawab: Diagonal-diagonal yang dimiliki oleh bangun layang-layang saling tegak lurus.

Lakukan tugas berikut secara mandiri!

Buatlah layang-layang sesuai dengan prosedur atau langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada materi! Tunjukkan layang-layangmu di depan kelas!

Jawab: Kebijaksanaan guru.


No

Karakter yang Diharapkan

Mampu

Belum Mampu

1.

Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa mengenai luasnya ilmu, misalnya layang-layang.



2.

Menunjukkan sikap saling berpartisipasi dalam mempelajari layang-layang guna menambah wawasan serta saling bertukar pikiran untuk memperoleh pemahaman yang jelas.



3.

Menunjukkan inisiatif dari dalam diri untuk mengembangkan diri dalam meningkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan layang-layang dan bertanggung jawab terhadap setiap aktivitas belajar yang dilakukan.



4.

Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam menanggapi setiap persoalan dan permasalahan yang muncul di dalam pembelajaran tentang layang-layang.



Aku Pelajar Pancasila


Setelah mempelajari materi tentang "Layang-Layang, Desain Layang-Layang, Cara Membuat, serta Memainkan Layang-Layang". Kamu diharapkan mampu untuk membentuk karakter yang lebih berkualitas dan kreatif. Sebagai refleksi diri, silakan isi tabel berikut dengan memberi tanda centang (√) sesuai keadaan yang sebenarnya.

Posting Komentar untuk "Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap | Bagaimanakah cara mengetahui keberadaan angin untuk menerbangkan layang-layang?"