Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap | Uji Kompetensi Bab 6

Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap |  Uji Kompetensi Bab 6

A. Pilihlah jawaban yang tepat!

  1. Apresiasi dalam bahasa Latin berarti ….

    1. penilaian terhadap sesuatu

    2. melihat karya

    3. keindahan karya seni

    4. menghayati karya

      Jawab: a. penilaian terhadap sesuatu

      Pembahasan:

      Apresiasi berasal dari bahasa Latin, yaitu appretiatus yang berarti berupa penilaian terhadap sesuatu.

  2. Penilaian terhadap keindahan termasuk apresiasi pada tingkat ….

    1. kritik c. empatik

    2. estetis d. analisis

      Jawab: b. estetis

      Pembahasan:

      Estetis merupakan penilaian terhadap keindahan. Tingkat apresiasi seni tingkat estetis berupa pengamatan dan penghayatan. Apresiasi pada tingkat estetis sebagai penikmat seni, yaitu memberi yang lebih pada pengamatan, bentuk dari karya seni tersebut, atau alasan karya seni tersebut dapat menjadi karya seni.

  3. Berikut yang tidak diberikan pada apresiasi dalam tingkatan kritik adalah ….

    1. memberi masukan

    2. memberi penjelasan

    3. menilai karya

    4. ide ceria

      Jawab: d. ide ceria

      Pembahasan:

      Kritik dapat berbentuk klarifikasi, deskripsi, menjelaskan, menganalisis, evaluasi, dan mengambil kesimpulan. Apresiasi dalam tingkatan kritik akan memberi masukan, menilai dan memberi penjelasan, memberi evaluasi, serta kesimpulan.

  4. Persepsi dengan evaluasi yang menimbulkan interpretasi imajinatif sebagai pendorong kreativitas disebut aktivitas ….

    1. penghargaan c. penghayatan

    2. fisiologis d. psikologis

      Jawab: d. psikologis

      Pembahasan:

      Aktvitas psikologis, merupakan persepsi dengan evaluasi yang menimbulkan interpretasi imajinatif sebagai pendorong kreativitas.

  5. Evaluasi terhadap obyek karya seni serta menyampaikan masukan termasuk jenis aktivitas ….

    1. penghargaan c. penghayatan

    2. fisiologis d. psikologis

      Jawab: a. penghargaan

      Pembahasan:

      Aktivitas penghargaan, meliputi evaluasi terhadap obyek karya seni serta menyampaikan masukan.

  6. Istilah apresiasi dalam bahasa Inggris berasal dari kata ….

    1. appreciate c. appretiate

    2. appretiaten d. appretiatus

      Jawab: a. appreciate

      Pembahasan:

      Istilah apresiasi dalam bahasa Inggris disebut appreciate, yang berarti menentukan nilai, melihat karya, menikmati, kemudian menyadari keindahan karya seni tersebut dan menghayatinya.

  7. Proses penghayatan suatu karya seni yang dihormati serta penghargaan pada karya seni dan pembuatnya disebut ….

    1. penggubahan c. apresiasi seni

    2. motivasi seni d. penciptaan

      karya

      Jawab: c. apresiasi seni

      Pembahasan:

      Apresiasi seni sebagai proses penghayatan suatu karya seni yang dihormati serta penghargaan pada karya seni dan pembuatnya. Apresiasi seni dapat diartikan sebagai kesadaran menilai melalui cara menghayati terhadap suatu karya seni.

  8. Tangkapan indrawi atau tangkapan dari indra-indra merupakan apresiasi seni pada tingkat ….

    1. kritik c. empatik

    2. estetis d. analisis

      Jawab: c. empatik

      Pembahasan:

      Empatik berarti melibatkan pikiran dan perasaan. Tingkat empatik berupa tangkapan indrawi atau tangkapan dari indera-indera. Apresiasi pada tingkat empatik, misalnya ketika mendengar karya seni musik, kita merasa nyaman saat mendengar karya tersebut, sehingga timbul penilaian bahwa karya tersebut bagus.

  9. Apresiasi dinyatakan sebagai proses mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya dikemukakan oleh….

    1. Hornby c. Verbeek

    2. Albert R. Candler d. Prayogi

      Jawab: b. Albert R. Candler

      Pembahasan:

      Pengertian apresiasi menurut Albert R. Candler adalah proses mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.

  10. Suatu kesadaran menilai lewat penghayatan suatu karya seni dengan memberdayakan seluruh pribadi yang melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan anggapan seseorang dikemukakan oleh ….

    1. Hornby c. Verbeek

    2. Albert R. Candler d. Prayogi

      Jawab: c. Verbeek

      Pembahasan:

      Pengertian apresiasi menurut Verbeek adalah suatu kesadaran menilai lewat penghayatan suatu karya seni dengan memberdayakan seluruh pribadi yang melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan anggapan seseorang.

  11. Apresiasi seni ditujukan kepada ….

    1. karya seni

    2. seniman/perajjin pembuatnya

    3. karya seni sekaligus seniman/ pengrajin pembuatnya

    4. selera seni masing-masing orang

      Jawab: c. karya seni sekaligus seniman/pengrajin pembuatnya

      Pembahasan:

      Jadi Apresiasi seni adalah suatu proses penghayatan suatu karya seni yang dihormati serta penghargaan pada

      karya seni tersebut dan pembuatnya. Bentuk dari apresiasi tersebut tentu berbeda-beda dari setiap orang yang menikmatinya. Sebab rasa keindahan yang dimiiki setiap individu juga berbeda. Kegiatan apresiasi tersebut juga dilakukan untuk memberi nilai pada karya-karya seni yang telah diciptakan.

  12. Hasil karya seniman maupun pengrajin

    utamanya banyak yang digunakan untuk ….

    1. dijual untuk umum

    2. memenuhi suruhan orang lain

    3. memenuhi keinginan/kepuasan diri sendiri

    4. memenuhi identitas diri sebagai seniman

      Jawab: c. memenuhi keinginan/ kepuasan diri sendiri

      Pembahasan:

      Seniman maupun pengrajin membuat sebuah karya seni yang indah. Hasil karya seniman maupun pengrajin utamanya banyak yang digunakan untuk memenuhi keinginan/ kepuasan diri sendiri, namun ada pula yang dijual untuk umum. Pada umumnya pengrajin akan menghasikan suatu karya dalam bentuk benda, namun seorang seniman belum tentu menghasilkan karya berbentuk barang sebagai wujud dari karya seni mereka.

  13. Perhatikan ciri-ciri berikut!

    1. Memiliki pemikiran bidang seni yang

      panjang.

    2. Pandai menggambar.

    3. Mahir di bidang seni.

    4. Menyukai keindahan dan kesenian.

      Berdasarkan hal-hal tersebut yang merupakan ciri-ciri seniman ditunjukkan pada nomor …. (HOTS)

      1. (1) dan (2) c. (1) dan (3)

      2. (2) dan (4) d. (3) dan (4)

    Jawab: c. (1) dan (3)

    Pembahasan:

    Seniman merupakan seseorang yang kreatif, inovatif dan mahir di bidang seni. Seniman biasanya menciptakan berbagai karya kreatif hasil dari pemikirannya yang panjang dan sarat akan nilai-nilai keindahan.

  14. Seniman-seniman berikut ini yang bisa menciptakan dan menggelar karya seninya yaitu ….

    1. penyanyi c. pemain teater

    2. pelukis d. penari

      Jawab: b. pelukis

      Pembahasan:

      Dalam menciptakan karya seorang seniman mengandalkan imajiansi dan bakatnya. Karya kreatif seniman umumnya berupa karya sastra, karya tari, lukis, patung, lakon, musik serta film. Selain menciptakan karya, seniman juga menggelar karya seninya. Tak heran jika gelar seniman disematkan pada pelukis, penyair, penyanyi dan sebagainya.

  15. Perhatikan hal-hal berikut!

    1. Mengapresiasi hasil karya sendiri.

    2. Menciptakan karya seni sesuai bidang

      seninya.

    3. Menjual karya seninya kepada masyarakat.

    4. Mengkomunikasikan karya seninya

      kepada publik.

      Dari hal-hal tersebut yang merupakan peran dan tanggung jawab seorang seniman ditunjukkan pada nomor …. (HOTS)

      1. (1) dan (2) c. (1) dan (3)

      2. (2) dan (4) d. (3) dan (4)

    Jawab: b. (2) dan (4)

    Pembahasan:

    Seorangsenimanmemilikiperandantanggungjawabsebagaiberikut.

    1. Menciptakan karya seni sesuai bidang seni yang digeluti.

    2. Menggelarkan karya seni hasil ciptaannya.

    3. Mengembangkan kreativitas dan ekspresi dalam berseni untuk menimbulkan keunikan dan keaslian karya seni yang dibuat.

    4. Mengkomunikasikan karya seninya kepada publik.

  16. Jenis karya yang termasuk seni terapan yang

    memenuhi fungsi hias dan benda pakai yaitu ….

    1. seni lukis c. seni relief

    2. seni ukir d. seni kriya

      Jawab: d. seni kriya

      Pembahasan:

      Seni kriya termasuk jenis seni terapan. Karya seni ini mengutamakan kegunaan dan keindahan. Seni kriya termasuk karya yang dipejualbelikan dan berguna bagi kehidupan masyarakat sehari-hari baik untuk alat rumah tangga maupun untuk hiasan.

  17. Perhatikan benda-benda berikut!

    1. Bakul nasi. (3) Anekagerabah.

    2. Monumen. (4) Relief candi.

      Dari benda-benda tersebut yang termasuk ke dalam benda seni kriya ditunjukkan pada nomor … (HOTS)

      1. (1) dan (2) c. (1) dan (3)

      2. (2) dan (4) d. (3) dan (4)

    Jawab: c. (1) dan (3)

    Pembahasan:

    Bakul nasi dan aneka gerabahan termasuk dalam seni kriya. Seni kriya termasuk jenis seni terapan. Karya seni ini mengutamakan kegunaan dan keindahan. Seni kriya termasuk karya yang dipejualbelikan dan berguna bagi kehidupan masyarakat sehari-hari baik untuk alat rumah tangga maupun untuk hiasan.

  18. Seniman dapat menciptakan seni patung dari benda-benda berikut ini, kecuali ….

    1. batu c. kayu

    2. kain d. es

      Jawab: b. kain

      Pembahasan:

      Seni patung merupakan karya seni tiga dimensi yang diciptakan untuk mengungkapkan ide-ide dan perasaan dari seniman yang mempunyai nilai estetis tinggi. Umumnya, patung dibuat dari bahan-bahan yang keras, berupa batu, kayu, logam, es, hingga karet.

  19. Perhatikan hal-hal berikut!

    1. Meningkatkan kecintaan terhadap

      karya seni.

    2. Menciptakan penilaian terhadap karya

      seni.

    3. Meningkatkan penjualan karya seni.

    4. Memberikan kritikan kepada hasil

      karya seni.

      Berdasarkan hal-hal tersebut yang merupakan fungsi dari apresiasi seni ditunjukkan pada nomor …. (HOTS)

      1. (1) dan (2) c. (1) dan (3)

      2. (2) dan (4) d. (3) dan (4)

    Jawab: a. (1) dan (2)

    Pembahasan:

    Dalam apresiasi seni terdapat kegiatan mengenali, memberi penilaian, juga menghargai di mana akan memengaruhi karya seni tersebut serta seniman atau pembuat seni yang terlibat. Berikut merupakan fungsi dari apresiasi seni.

    1. Guna meningkatkan kecintaan terhadap karya seni.

    2. Guna menciptakan penilaian terhadap karya seni.

    3. Guna mengembangkan kemampuan seni.

    4. Guna membangun hubungan.

  20. Tujuan pokok dibuatnya karya seni adalah agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas, selain itu juga ….

    1. agar dapat mengerti maksud dan tujuan dibuatnya karya seni tersebut

    2. agar banyak yang tertarik untuk menjadi seniman

    3. meningkatkan penjualan karya seni dari seniman tersebut

    4. mengembangkan daya kreasi dan inovasi seniman

Jawab: a. agar dapat mengerti maksud dan tujuan dibuatnya karya seni tersebut

Pembahasan:

Tujuan pokok dari apresiasi pada seni berupa memperkenalkan atau mempublikasi karya seni tersebut agar karya seni lebih dapat dinikmati oleh publik atau masyarakat juga maksud serta tujuannya tersampaikan. Terkadang sebagai penikmat seni, kita tidak langsung dapat mengerti maksud dan tujuan dibuatnya karya seni tersebut. Nah, dengan adanya apresiasi seni maka kita dapat lebih mudah mengerti maksud dan tujuannya.

B. Jawablah dengan jawaban yang benar!

  1. Tuliskan tujuan pokok apresiasi seni!

    Jawab: Apresiasi seni memiliki tujuan pokok berupa memperkenalkan atau mempublikasi karya seni agar karya seni lebih dapat dinikmati oleh publik atau masyarakat serta tujuannya tersampaikan.

  2. Sebutkan kegiatan yang dilakukan pada tingkat apresiasi seni tingkat estetis!

    Jawab: Tingkat apresiasi seni tingkat estetis berupa pengamatan dan penghayatan.

  3. Bagaimanakah hubungan yang dapat dibangun dalam apresiasi seni?

    Jawab: Hubungan yang dapat dibangun dalam apresiasi seni berupa hubungan timbal-balik secara positif antara pembuat seni dengan penikmat seni.

  4. Jelaskan apresiasi dalam seni dapat berfungsi untuk mengembangkan kemampuan!

    Jawab: Apresiasi dalam seni berfungsi untuk mengembangkan kemampuan. Penikmat seni yang memberikan apresiasi dapat mengasah kemampuan yang dimiliki.

  5. Jelaskan arti menciptakan penilaian dari apresiasi seni?

Jawab: Apresiasi dalam seni berfungsi untuk menciptakan penilaian berupa sarana dalam menikmati, memberi empati, mendapatkan hiburan, serta menambah wawasan dan pengetahuan atau edukasi.

Perbaikan


Jawablah dengan jawaban yang benar!

  1. Apakah tujuan dari seorang pengrajin melakukan pengolahan terhadap limbah lunak organik sebelum menjadi bahan kerajinan?

    Jawab: Semua limbah lunak organik diolah sebelum digunakan sebagai bahn pembuatan kerajinan, tujuannya agar semuanya bisa menjadi bahan baku yang baik. Semua bagian tumbuhan yang dikategorikan sebagai limbah bisa diolah menjadi sebuah produk atau benda kerajinan namun harus melalui proses pengolahan.

  2. Apakah yang dilakukan olelh seorang seniman agar karyanya dikenal dan dapat dinikmati oleh publik?

Jawab: Dengan menggelar hasil karyanya dan melakukan apresiasi seni dari masyarakat terhadap hasil karyanya.

3 Jelaskan hubungan yang ingin dibangun dalam proses apresiasi seni?

Jawab: Dalam apresiasi seni ingin membangun hubungan yang berupa hubungan timbal balik yang positif antara pembuat seni dengan penikmat seni.

  1. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam apresiasi seni!

    Jawab: Dalam apresiasi seni terdapat kegiatan mengenali, memberi penilaian, juga menghargai di mana akan memengaruhi karya seni tersebut serta seniman atau pembuat seni yang terlibat.

  2. Dimanakah kita bisa menemukan seni relief?

Jawab: Biasanya, relief ditemukan di tempat-tempat bersejarah seperti museum hingga candi.

Posting Komentar untuk "Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap | Uji Kompetensi Bab 6"