Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap | Uji Kompetensi Akhir Semester

 . Pilihlah jawaban yang tepat!

  1. Wayang beber dilukiskan pada ….

    1. kain putih c. kain sutra

    2. kain hitam d. kain mori

      Jawab: a. kain putih

      Pembahasan:

      Wayang beber merupakan gambar wayang yang dilukiskan pada kain putih. Wayang Beber biasanya terdiri dari empat gulung yang berisikan 16 adegan. R.M. Sajid menjelaskan bahwa wayang beber bukan wayang yang dipergunakan untuk “mbarang” (ngamen) yang kemudian dipertunjukkan di jalan-jalan. Kata “beber” berarti direntangkan. Wayang beber setiap diceritakan, maka gambar wayang direntangkan penonton dapat mengetahui bentuk lukisan dari cerita.

  2. Perhatikan gambar berikut!

    Gambar tersebut menunjukkan jenis wayang …. (HOTS)

    1. suket c. klithik

    2. gedog d. madya

      Jawab: c. klithik

      Pembahasan:

      Gambar tersebut menunjukkan wayang klithik berbentuk boneka yang wujudnya pipih, walaupun tidak setipis kulit dan dibuat dari kayu. Lengan atau tangannya dibuat dari kulit sapi atau kerbau. Jenis wayang klithik untuk menceritakan tanah Jawa terutama kerjaaan Majapahit dan Pajajaran.

  3. Wayang langkung merupakan bagian dari wayang golek yang terbuat dari ….

    1. kertas c. bambu

    2. kulit kerbau d. suket

      Jawab: c. bambu

      Pembahasan:

      Wayang langkung merupakan wayang golek yang terbuat dari bambu. Wayang langkung banyak berkembang di daerah Jepara. Wayang langkung memiliki filosofi tentang kehidupan manusia mulai dari lahir sampai meninggal.

  4. Wayang dapat dijadikan sebagai sarana pengenalanagama. Tokoh yang menyebarkan agama melalui wayang adalah ….

    1. saudagar Tiongkok

    2. walisanga

    3. saudagar Arab

    4. saudagar India

      Jawab: b. walisanga

      Pembahasan:

      Fungsi wayang sebagai sarana pengenalan agama karena beberapa agama yang ada di Indonesia disebarkan menggunakan wayang oleh walisongo. Wayang juga berfungsi sebagai upaya pelestarian dan menjaga eksistensi pertunjukan wayang sebagai warisan budaya. Pertunjukan wayang juga sebagai salah satu bentuk ekspresi dalam bidang seni terutama seni teater dan sejenisnya.

  5. Wayang dapat berperan sebagai pusat perhatian atau fokus yang diperoleh melalui kontras atau variasi warna dan bentuk. Kenyataan tersebut menunjukkan unsur ….

    1. garis c. ruang

    2. keseimbangan d. klimaks

      Jawab: d. klimaks

      Pembahasan:

      Unsur klimaks dalam seni rupa sebagai pusat perhatian atau fokus yang diperoleh melalui kontras atau variasi warna dan bentuk. Adapun klimaks dalam pertunjukan wayang dapat dilihat melalui alur dramatik yang menanjak sejak awal pertunjukan hingga tancap gayon.

  6. Pertunjukan wayang bersifat tiga dimensi yang menunjukkan bahwa ….

    1. wayang memiliki unsur ruang

    2. pertunjukan wayang berupa gerakan tubuh yang dimainkan dalang

    3. unsur wanda terdapat pada wayang

    4. tinta

      Jawab: a. wayang memiliki unsur ruang

      Pembahasan:

      Unsur ruang ditampilkan di dalam pertunjukan wayang yang bersifat tiga dimensi. Semua elemen dasar dan elemen estetis pada komposisi wayang menghasilkan bentuk dalam ruang yang berpengaruh pada waktu dan tenaga.

  7. Gerakan wayang dalam suatu pementasan diperoleh dari ….

    1. panjak c. sinden

    2. asisten dalang d. dalang

      Jawab: d. dalang

      Pembahasan:

      Unsur garis dapat disaksikan pada gerakan-gerakan wayang melalui tangan yang dimainkan oleh dalang. Garis juga dapat disaksikan pada keseluruhan boneka wayang sebagai hiasan, termasuk garis yang digunakan dalam membentuk kontur motif-motif ragam hias pada tokoh wayang.

  8. Seniman yang menciptakan wayang suket adalah….

    1. Empu Panuluh

    2. Mangkunegara IV

    3. R.M. Sajid

    4. Slamet Gundono

      Jawab: d. Slamet Gundono

      Pembahasan:

      Wayang suket merupakan wayang yang terbuat dari rumput (suket dalam bahasa Jawa). Wayang suket sebagai bentuk tiruan dari wayang kulit yang dibuat sedemikian rupa sesuai dengan kemampuan seorang seniman terkenal yang bernama Slamet Gundono.

  9. Fungsi jadwal pelajaran pada seorang siswa adalah sebagai ….

    1. pencipta keindahan

    2. evaluasi pelajaran

    3. pajangan

    4. pengingat pelajaran yang diikuti

      Jawab: d. pengingat pelajaran yang diikuti

      Pembahasan:

      Jadwal pelajaran yang diberi hiasan akan memiliki fungsi tambahan. Jadwal pelajaran tersebut berfungsi sebagai pengingat pelajaran yang diikuti, sebagai hiasan yang indah, dan mengandung makna tertentu.

  10. Pengamatan suatu karya seni secara mendalam dilakukan pada jenis aktivitas ….

    1. penghargaan c. penghayatan

    2. fisiologis d. psikologis

      Jawab: c. penghayatan

      Pembahasan:

      Aktivitas penghayatan, merupakan pengamatan suatu karya seni secara mendalam.

  11. Perhatikan pernyataan berikut!

    1. Memberikan kesan cahaya dengan menampakkan gelap terang pada gambar.

    2. Mengisi bidang yang kosong.

    3. Menampilkan karakter pada objek

      gambar.

    4. Memberikan kesan karakter ke dalam

      gambar.

    5. Sebagai finishing touch atau sentuhan terakhir pada gambar.

      Pernyataan tersebut menunjukkan fungsi dari teknik …. (HOTS)

      1. arsir c. basah

      2. gosok (dussel) d. kering

    Jawab: a. teknik arsir

    Pembahasan:

    Fungsi dari teknik arsir antara lain sebagai berikut.

    1. Dapat memberikan kesan cahaya dengan menampakkan gelap terang pada gambar.

    2. Dapat mengisi bidang yang kosong.

    3. Dapat menampilkan karakter pada sebuah objek gambar.

    4. Dapat memberikan kesan karak kedalam sebuah gambar.

    5. Sebagai finishing touch atau sentuhan terakhir pada

    sebuah gambar.

  12. Sketsa komik yang telah dibuat nantinya diberi aksen garis atau warna yang sesuai dengan media kering yang digunakan merupakan penerapan teknik ….

    1. basah c. arsir

    2. dussel d. kering

      Jawab: d. kering

      Pembahasan:

      Menggambar ilustrasi dengan teknik kering tidak menggunakan pengencer air maupun minyak. Umumnya, gambar langsung dibuat pada media gambar dua dimensi. Sketsa yang telah dibuat nantinya diberi aksen garis atau warna yang sesuai dengan media kering yang digunakan.

  13. Teknik arsir yang menggunakan goresan dengan bentuk coretan tidak beraturan atau bebas disebut teknik arsiran ….

    1. pointilisme c. secumbling

    2. stippling d. countour hatching

      Jawab: c. secumbling

      Pembahasan:

      Teknik arsiran secumbling adalah teknik arsir yang menggunakan goresan dengan bentuk coretan tak beraturan atau bebas. Teknik coretan bebas mempunyai karakter dengan permukaan yang kasar. Biasanya digunakan untuk mengarsir gambar seperti bebatuan, kulit kayu, dan handuk.

  14. Kelemahan teknik pointilisme pada pembuatan komik adalah ….

    1. membentuk garis sejajar secara berulang-ulang

    2. sulit dikombinasikan dengan teknik arsir yang lainnya

    3. arsiran membentuk titik-titik kecil

    4. mengikuti bentuk kontur bidang yang akan diarsir

      Jawab: b. sulit dikombinasikan dengan teknik arsir yang lainnya

      Pembahasan:

      Pointilisme adalah teknik arsir di mana tersusun/terbentuk dari titik kecil, titik-titik yang berbeda dari warna diterapkan dalam pola untuk membentuk sebuah gambar. Teknik ini memiliki kelemahan yaitu sulit dikombinasikan dengan teknik arsir yang lainnya.

  15. Karya seni kriya memperhatikan aspek ….

    1. operasional dan fungsional

    2. keindahan dan finansial

    3. finansial dan fungsional

    4. keindahan dan fungsional

      Jawab: d. keindahan dan fungsional

      Pembahasan:

      Seni kriya merupakan jenis karya seni yang dihasilkan dengan cara memanfaatkan keterampilan tangan manusia di mana karya tersebut memperhatikan nilai estetika atau keindahan dan aspek fungsional.

  16. Seni kriya dibuat dengan keterampilan khusus secara ….

    1. hand made c. manual

    2. otomatis d. optimal

      Jawab: a. hand made

      Pembahasan:

      Seni kriya berupa seni kerajinan tangan dimana proses pembuatannya menggunakan tangan manusia (hand made) yang membutuhkan keterampilan khusus.

  17. Perhatikan gambar berikut!

    Karya seni kriya pada gambar tersebut berfungsi sebagai …. (HOTS)

    1. pajangan

    2. dekorasi ruangan

    3. benda terapan

    4. alat permainan

      Jawab: d. alat permainan

      Pembahasan:

      Karya seni jenis kriya yang berfungsi sebagai alat permainan, misalnya boneka, congklak, kipas kertas, dan sebagainya.

  18. Desain dalam merancang produk dilakukan secara detail atau rinci hingga bagian-bagian terkecil. Pernyataan tersebut menunjukkan prinsip ….

    1. bermanfaat c. awet

    2. jujur d. detail

      Jawab: d. detail

      Pembahasan:

      Detail, yaitu desain dalam merancang produk dilakukan secara detail atau rinci hingga bagian-bagian terkecil.

  19. Layang-layang jatayu, doro keplok, dan

    sumbulan berasal dari ….

    1. Aceh c. Jawa Timur

    2. Batam d. Jawa Tengah

      Jawab: d. Jawa Tengah

      Pembahasan:

      Layang-layang jatayu, doro keplok, dan sumbulan dari Jawa Tengah.

  20. Jenis layang-layang yang berasal dari Aceh

    adalah ….

    1. siger c. goang

    2. burung enggang d. musayeub

      Jawab: d. musayeub

      Pembahasan:

      Layang-layang musayeub dari Aceh.

  21. Langkah pertama membuat celengan dari

    kardus bekas yaitu ….

    1. membuat gambar pola yang diinginkan

    2. mengunting kardus sesuai bentuk yang diinginkan

      c; menghias celengan kardus dengn alat pewarna

      d. melipat kardus sesuai dengan garis pola

      Jawab: a. membuat gambar pola yang diinginkan

  22. Sketsa pada wayang kulit dibuat pada media ….

    1. kertas

    2. kulit

    3. bebas sesuai keinginan pembuat

    4. tanpa sketsa

      Jawab: a. kertas

      Pembahasan:

      Sebelum mulai membuat wayang, buatlah sketsa terlebih dahulu di atas kertas putih. Buatlah karakter wayang kulit yang menarik sesuai dengan karakter wayang kulit melayu kuno.

  23. Pengrajin yang membuat kerajinan dari bahan kulit bawang, kulit jagung, kulit kacang, disebut menggunakan bahan ….

    1. limbah lunak organik

    2. limbah keras organik

    3. limbah lunak anorganik

    4. limbah lunak anorganik

      Jawab: a. limbah lunak organik

      Pembahasan:

      Limbah lunak organic adalah bahan yang berasal dari tumbuhan. Semua bagian tumbuhan yang dikategorikan sebagai limbah bisa diolah menjadi sebuah produk atau benda kerajinan. Akan tetapi semua itu harus melalui proses pengolahan. Tujuannya supaya bisa menjadi bahan baku yang baik. Contoh ;limbah lunak yang bisa dijadikan kerajinan sepeti kulit bawang, kulit jagung, kulit kacang, biji-bijian, pelepah pisang dan sebagainya.

  24. Pengunakan limbah lunak organik sebelum diolah menjadi karya kerajinan harus terlebih dahulu menjalani proses …..

    1. dicuci

    2. dijemur hingga kering

    3. dikikis hingga bersih

    4. disemprot cat dasar

      Jawab: b. dijemur hingga kering

      Pembahasan:

      Limbah lunak organic sebelum diolah menjadi karya kerajinan harus terlebih dahulu menjalani proses pengeringan agar bahan-bahan tersebut tidak menyusut ukurannya, tigak berubah warna dan tidak mengalami pembusukan, serta agar tahan lama.

  25. Tahapan apresiasi seni dimana kita menerjemahkan tema ke dalam berbagai wujud seni, berdasarkan pengalaman, dalam kemampuannya dalam merasakan seni yaitu ….

    1. analisis c. penilaian

    2. pengetahuan d. pengertian

Jawab: d. pengertian


B. Jawablah dengan jawaban yang benar!

  1. Menurut pendapatmu, apakah manfaat membuat layang-layang?

    Jawab: Membuat layang-layang akan melatih cara berpikir berdasarkan seni rupa maupun desain dan sains-teknologi.

  2. Sebutkan macam-macam perangkat tidak teraga pada pertunjukan wayang!

    Jawab: Perangkat tidak teraga, meliputi irama, gradiasi, keseimbangan, perbedaan (kontras), keselarasan (harmonis), keanekaragaman, klimaks, kesesuaian (format), dan kesatuan.

  3. Terangkan fungi unsur rias dalam wayang!

    Jawab: Unsur rias dalam wayang membantu mewujudkan ekspresi muka pada tokoh wayang.

  4. Jelaskan pengertian dari jadwal pelajaran!

    Jawab: Jadwal pelajaran merupakan catatan yang berisi daftar mata pelajaran yang dipelajari berdasarkan jam dan hari atau waktunya.

  5. Jabarkan bentuk apresiasi tingkat estetis yang dilakukan pada saat kita menyaksikan pagelaran

    seni teater!

    Jawab: Apresiasi pada tingkat estetis, misalnya saat menyaksikan pagelaran seni teater, kita berpikir tentang cara adegan tersebut dapat dibuat dan fungsi dari adegan tersebut. Setelah itu, dilakukan penilaian terhadap adegan tersebut.

  6. Apakah jenis pensil yang digunakan untuk menggambar teknik dussel?

    Jawab: Menggambar teknik dussel yaitu menggunakan pensil 2B, 3B ke atas.

  7. Sebutkan alat-alat yang biasa digunakan saat menggambar ilustrasi dengan teknik arsir!

    Jawab: Alat yang biasa digunakan saat menggambar ilustrasi dengan teknik arsir, antara lain sebagai berikut.

    1. Pensil. c. Tinta. e. Kertas gambar.

    2. Penghapus. d. Spidol.

  8. Berikan macam-macam ekspresi pada balon kata dalam komik!

    Jawab: Balon kata berbeda untuk masing-masing ekspresi, misalnya bicara normal, marah, kaget, mapun saat berbicara dalam hati.

  9. Jelaskan yang dimaksud dengan tema di dalam komik!

    Jawab: Tema merupakan inti pokok gagasan dari keseluruhan pesan atau cerita dalam komik.

  10. Sebutkan bahan-bahan yang dapat dibuat celengan!

Jawab: Celengan dapat dibuat dari botol plastik, kaleng bekas, atau kubus dan tabung dari kardus bekas.

Posting Komentar untuk "Seni Rupa IV SD/MI Semester Genap | Uji Kompetensi Akhir Semester"