Kunci jawaban Kelas II SD/MI Semester Genap | Bab Sayang Lingkungan 3
A. Topik Bacaan
Tahukah kamu yang dimaksud topik bacaan?
Topik bacaan adalah subjek yang dibicarakan dalam suatu teks; bahan pembicaraan dalam suatu teks;
atau pokok pembicaraan dalam suatu teks. Topik akan tergambar dari kata-kata kunci yang sering muncul dalam bacaan.
Cermati teks bacaan berikut!
Air di Bumi Sebanyak 71 % permukaan bumi tertutup air. Hampir 96,5 % adalah air asin.
Air asin adalah air dengan kandungan garam tinggi. Adapun air tawar hanya sebesar 2,5 %.
Air tawar adalah air yang tidak manis atau asin. Air ini tidak memiliki rasa.
Manusia membutuhkan air tawar untuk hidup.
Air tawar digunakan untuk memasak, mandi, dan mencuci.
Jumlah air tawar bersih di bumi sangat terbatas. Jadi, kita harus menghemat penggunaan air.
Bagaimana caranya? Berikut cara menghemat air.
Tidak berlama-lama ketika mandi.
Mematikan keran ketika sedang menyabuni tangan.
Menyiram tanaman dengan alat penyiram.
Memeriksa apakah ada keran yang bocor.
Aktivitas Siswa
Kerjakan sesuai perintahnya!
Bacalah kembali teks di atas.
Tentukan topik dari bacaan tersebut.
Tulis hasilnya di buku tugasmu.
Jawab:
Guru dapat memberikan penilaian berdasarkan kemampuan siswa dalam menentukan topik bacaan. Misalnya, topik bacaan tersebut adalah pentingnya reboisasi.
Assesmen Formatif
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara mandiri!
Jelaskan yang dimaksud topik bacaan!
Jawab:
Topik bacaan adalah subjek yang dibicarakan dalam suatu teks; bahan pembicaraan dalam suatu teks; atau pokok pembicaraan dalam suatu teks.
Apa topik dari bacaan “Air di Bumi”?
Jawab:
Topik dari bacaan di atas adalah air.
Sebutkan dua jenis air!
Jawab:
Air asin dan air tawar.
Sebutkan manfaat air bagi manusia!
Jawab:
Manusia membutuhkan air tawar untuk hidup.
Air tawar digunakan untuk memasak, mandi, dan mencuci.
Bagaimana cara menghemat air?
Jawab:
Berikut cara menghemat air.
Tidak berlama-lama ketika mandi.
Mematikan keran ketika sedang menyabuni tangan.
Menyiram tanaman dengan alat penyiram.
Memeriksa apakah ada keran yang bocor.
B. Perbedaan pada Gambar
Cermati teks berikut!
Sampah Organik dan Anorganik
Sampah merupakan sisa-sisa kegiatan setiap hari dari manusia atau dari proses alam yang terjadi.
Ada dua jenis sampah, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup. Sampah organik dapat terurai secara alami.
Sampah ini bisa bermanfaat bagi kehidupan. Sampah organik, seperti buah dan sayuran busuk dapat dibuat menjadi kompos.
Selain sampah organik, ada sampah anorganik.
Sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diproses secara alami.
Sampah ini dapat didaur ulang.
Contoh sampah anorganik, misalnya, plastik, botol/kaleng minuman,
ban bekas, besi, dan kaca.
Sampah anorganik dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan.
Contoh hasil kerajinan dari sampah anorganik, misalnya, tas, keranjang, dan pot.
Sumber: https://www.youtube.com
Dalam teks tersebut, terdapat beberapa kosakata baru. Kosakata tersebut mungkin kamu belum mengetahui artinya. Ada kata organik, anorganik, kompos, dan daur ulang.
Arti kata-kata tersebut sebagai berikut.
Organik : terkait zat yang berasal dari makhluk hidup.
Anorganik : terdiri atas benda selain manusia, tumbuhan, dan hewan.
Kompos : pupuk campuran yang terdiri atas bahan organik dan kotoran hewan.
Daur ulang : pemrosesan kembali bahan yang pernah dipakai.
Aktivitas Siswa
Kerjakan sesuai perintahnya! Berlatihlah menggunakan kosakata baru. Tuliskan kata yang tepat untuk gambar di samping.
Jawab:
Guru dapat memberikan penilaian berdasarkan kemampuan siswa dalam menuliskan kosakata berdasarkan gambar.
Misalnya:
Anorganik
Kompos
Organik
Daur ulang
Assesmen Formatif
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara mandiri!
Baca teks berikut untuk soal nomor 1–4!
Sampah anorganik adalah sampah yang sulit terurai secara alami.
Sampah anorganik dapat dikelola dengan metode 3R. Metode 3R meliputi reduce (mengurangi),
reuse (menggunakan kembali), dan recycle (daur ulang). Contoh barang yang termasuk sampah anorganik, yaitu kaleng, kantong plastik, botol kaca, dan plastik bungkus makanan.
Apa yang dimaksud sampah organik?
Jawab:
Sampah anorganik adalah sampah yang sulit terurai secara alami.
Bagaimana pengelolaan sampah anorganik?
Jawab:
Sampah anorganik dapat dikelola dengan metode 3R.
Apa saja metode 3R itu?
Jawab:
Metode 3R meliputi reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (daur ulang).
Sebutkan jenis-jenis sampah organik!
Jawab:
Contoh barang yang termasuk sampah anorganik, yaitu kaleng, kantong plastik, botol kaca, dan plastik bungkus makanan.
Cermati gambar berikut!
Temukan perbedaan kedua gambar tersebut!
Posting Komentar untuk "Kunci jawaban Kelas II SD/MI Semester Genap | Bab Sayang Lingkungan 3"