Kerjakan aktivitas berikut secara mandiri!
Pada proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, hendaknya kita harus memperhatikan dan mencerna dengan baik mengenai apa yang disampaikan oleh guru. Kita tidak diperbolehkan untuk menyontek pada saat mengerjakan latihan atau ulangan.
Menurut pendapatmu, bagaimana sikap yang harus dilakukan ketika ada temanmu yang sedang menyontek ketika ujian? Bagaimana yang seharusnya dilakukan menurut peraturan di sekolahmu? Tuliskan hasil pendapatmu di selembar kertas, kemudian paparkan di depan kelas!
Jawab: Kebijaksanaan guru.
Uji Kemampuan
Tugas Proyek
Lakukan tugas proyek berikut bersama teman-temanmu!
Lakukan sebuah wawancara pada seorang narasumber yang dapat memberi informasi lebih lanjut mengenai peraturan dan pelanggaran yang terjadi di masyarakat!
Kamu dapat membuat daftar pertanyaannya terlebih dahulu sebelum memulai wawancara.
Kumpulkan pertanyaan tersebut kepada gurumu agar diperiksa terlebih dahulu!
Ajukan pertanyaan kepada narasumber sesuai dengan pertanyaan yang sudah kamu buat!
4. Setelah kegiatan narasumber selesai, ceritakan kembali pada buku tugas informasi yang telah kamu dapat dari narasumber!
Jawab: Kebijaksanaan guru.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
Apa yang akan terjadi jika tidak ada peraturan?
Jawab: Jika tidak ada peraturan, maka akan terjadi kekacauan, keributan, atau kerusuhan.
Sebutkan contoh-contoh tindakan pelanggaran norma hukum!
Jawab: Contoh tindakan pelanggaran norma hukum yang dapat dikenai hukuman atau sanksi norma hukum antara lain seperti berikut.
Melanggar aturan lalu lintas.
Melakukan tindakan korupsi dan penggelapan uang.
Melakukan penindasan atau penyiksaan.
Memelihara hewan yang dilindungi.
Melakukan tindakan pencurian, dan lain-lain.
Mengapa sanksi sengaja dibuat?
Jawab: Sanksi sengaja dibuat untuk membuat orang yang melanggar aturan menjadi jera.
Apa tujuan dibuatnya sebuah peraturan oleh negara?
Jawab: Peraturan dibuat oleh negara dengan tujuan untuk menciptakan kehidupan yang tertib.
Mengapa siswa Sekolah Dasar seperti kita tidak boleh membuat SIM?
Jawab: Karena untuk membuat SIM ada aturan batas usia minimal. Tujuannya adalah untuk membatasi agar pengemudi kendaraan bermotor merupakan orang yang sudah bisa bertanggung jawab secara hukum.
No | Karakter yang Diharapkan | Mampu | Belum Mampu |
1. | Mencintai tradisi yang ada dalam masyarakat sekitarnya. | ||
2. | Gotong royong dalam melakukan kerja secara bersama-sama. | ||
3. | Berpikir kritis dan senantiasa ingin mencari tahu tentang norma dan peraturan yang ada di sekitarnya. | ||
4. | Terbiasa mengikuti norma dan peraturan yang berlaku di mana pun sedang berada. | ||
5. | Semangat dalam mencari ilmu pengetahuan tentang adab dalam masyarakat. | ||
6. | Sikap inisiatif dan mandiri untuk menjaga lingkungan terdekatnya. | ||
7. | Hormat dan patuh pada guru. | ||
8. | Mensyukuri dan tawakal atas semua hasil yang diperoleh. |
A. Pilihlah jawaban yang tepat!
Aku Pelajar Pancasila
Setelah mempelajari materi membangun masyarakat beradab, sebagai manusia Indonesia yang beriman dan mengamalkan Pancasila, diharapkan kamu mampu untuk membentuk karakter yang lebih bermutu. Sebagai refleksi diri, silahkan isi tabel berikut ini tanda centang () sesuai dengan keadaan sebenarnya.
Apakah kamu sudah memiliki karakter tersebut? Apa yang menjadi penghambatmu untuk menjadi pribadi yang berkarakter? Sebaiknya mulailah dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, dan mulai dari sekarang untuk membentuk karakter diri menjadi pribadi yang lebih berkualitas.
Jawab: Kebijaksanaan guru.
Posting Komentar untuk "Kunci jawaban kelas 4 Semester II IPAS kurikulum merdeka - Aku Pelajar Pancasila"